Pendidikan IPS sebagai Synthetic Discipline: Kajian Epistemologis atas Pemikiran Numan Somantri

Penulis : Mohammad Imam Farisi  
Judul :

Pendidikan IPS sebagai Synthetic Discipline: Kajian Epistemologis atas Pemikiran Numan Somantri

Nama Jurnal : Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Volume & Periode Terbit  

Th. XXXIV, No. 1, Februari 2015

Halaman :

128 — 139

Penerbit : LPPM Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
Akreditasi : B
ISSN : 2201-6333 (Print)

2201-6740 (Online)

Abstracting-Indexing :  
Abstrak : Pemikiran seorang atau kelompok pakar merupakan bagian integral dalam dinamika sebuah disiplin ilmu, dan kajian terhadapnya telah menjadi concern dalam berbagai disiplin ilmu. Penelitian ini mengkaji secara epistemologis pemikiran Somantri tentang PIPS sebagai synthetic discipline. Penelitian bersifat kualitatif-interpretif dan menggunakan sumber data primer dan sekunder dengan teknik anotasi bibliografis dan reviu literatur serta dianalisis dengan teknik analisis konten kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara epistemologis, PIPS dalam pemikiran Somantri dikonseptualisasi sebagai sebuah disiplin ilmu (DPIPS) dan program pendidikan disiplin ilmu (PDIPS) terintegrasi, hasil rekayasa sinergistis dari dua atau lebih disiplin ilmu yang setara untuk tujuan PIPS. PIPS sebagai disiplin ilmu terintegrasi adalah identitas, jati-diri, ciri khas, dan faculty culture FPIPS dan pascasarjana PIPS. PIPS sebagai DPIPS memiliki status akademik sebagai advance knowledge, middle studies, dan primary structure. PIPS sebagai program PDIPS memiliki status akademik sebagai PDIPS untuk jenjang pendidikan tinggi, dan PDIPS untuk jenjang pendidikan sekolah.
Kata Kunci : epistemologi, pendidikan IPS, synthetic discipline
Link Web : http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/4183