Ontologi Pendidikan IPS Sebagai Disiplin Pendidikan Kewarganegaraan

 Penulis    Mohammad Imam Farisi  
Judul : Ontologi Pendidikan IPS sebagai Disiplin Pendidikan Kewarganegaraan
Nama Jurnal : Sosio Humanika: Jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemanusiaan
Volume & Periode Terbit   Vol. 8, No.1.. Mei 2015

hal. 115 – 130

Penerbit : ASPENSI (Asosiasi Sarjana Pendidikan Sejarah Indonesia)
Akreditasi : B (SK. Dirjen Dikti No. 58/DIKTI/Kep/2013
ISSN : 1979-0112
Abstracting-Indexing : Islamic World Sciences Citation Center in Tehran, Iran; MyCite or *Pusat Sitasi Malaysia* in Putrajaya, Malaysia; Library of MoE (Ministry of Education) Malaysia in Putrajaya; National Library of the Republic of Indonesia in Jakarta; Library of PDII-LIPI (Center for Indonesian Information and Documentation – Institute of Indonesian Sciences) in Jakarta; Library of Kemdikbud RI (Ministry of Education and Culture of the Republic of Indonesia) in Jakarta; Library of Direktorat Ditlitabmas Ditjendikti Kemdikbud RI in Jakarta, Indonesia; Regional Library andArchives of West Java in Bandung, Indonesia; Library of UMP (Muhammadiyah University of Purwokerto) in Central Java, Indonesia; Library of UNSUR (Suryakancana University) in Cianjur, West Java, Indonesia; Library of UVRI (Veteran University of the Republic of Indonesia) in Makassar, South Sulawesi, Indonesia; Library of UBD (University of Brunei Darussalam) in Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam; Library of MoE Brunei Darussalam in Bandar Seri Begawan; Library of *PERTANIKA* Journal in UPM (Putra University of Malaysia) in Serdang, Malaysia; Library of UNJ (State University of Jakarta) in Indonesia; Library of KITLV in Jakarta, Indonesia; Library of IKIP PGRI Madiun in East Java, Indonesia; Library of Kanjuruhan University in Malang, East Java, Indonesia; Library of UMMI (Muhammadiyah University of Sukabumi) in West Java, Indonesia; Library of IKIP PGRI Indraprahasta in Jakarta, Indonesia; Library of UNHAS (Hasanuddin University) in Makassar, South Sulawesi, Indonesia; Library of UNIPA (University of PGRI Adi Buana) in Surabaya, East Java, Indonesia; Library of STKIP (College of Education and Teacher Training) Pasundan in Cimahi, West Java, Indonesia; Library of UNS (State University of Surakarta) in Solo, Central Java, Indonesia; ALSAFIRA Science; Google Scholar Citations.
Abstrak : Artikel ini mengkaji eksemplar-eksemplar hasil pemikiran dan penelitian tentang PIPS secara luas tentang tradisi/paradigma PIPS sebagai model konseptual untuk merekonstruksi objek-objek studi PIPS. Kajian secara khusus difokuskan pada objek-objek studi terkait dengan ‘konten kurikulum’; dan objek studi yang relatif ‘baru’ yang belum banyak dikaji, yaitu ‘sejarah perkembangan pemikiran PIPS’; dan ‘komunitas profesional PIPS’ yang merupakan objek kajian dalam studi sosiologi ilmiah. Kajian ini diharapkan dapat menginsprasi para peneliti khsususnya, dan komunitas profesional PIPS umumnya untuk lebih intensif mengeksplorasi bidang-bidang dan objek-objek studi PIPS lain yang masih merupakan ‘enigma’ bagi pengembangan disiplin PIPS.
Kata Kunci : Ontologi, pendidikan IPS, disiplin ilmu, hasil pemikiran dan penelitian, objek studi, komunitas profesional, dan pendidikan kewarganegaraan.
Link Web : http://sosiohumanika-jpssk.com/11-ontologi-pendidikan-ips/