Penulis : Mohammad Imam Farisi
Judul : Peran Paradigmatik Pendidikan IPS dalam Pendidikan Nasional Sebagai Akselerator Revolusi Mental
Nama Kegiatan : Seminar Nasional Revolusi Mental dalam Pendidikan
Penyelenggara FBS Unesa
Tempat dan tanggal : Unesa, 20 November 2014
Penerbit FBS – Unesa
ISBN : 978-602098483-8-0
Abstrak : Menempatkan pendidikan sebagai akselerator revolusi mental dalam kehidupan berbangsa dan bernegara memerlukan proses panjang dan berkesinambungan. Ia menuntut perubahan paradigma yang mampu mensinergikan kekuatan pokok pendidikan sebagai ‘pembudayaan’ dan ‘pemberdayaan’. Untuk itu, komitmen bersama dari semua komponen pendidikan untuk melakukan perubahan-perubahan mendasar merupakan sebuah keniscayaan, bagi terciptanya manusia Indonesia baru dan modern berlandaskan pada azas kerakyatan dan kemanusiaan. Pendidikan IPS (PIPS) sebagai ‘disiplin ilmu terintegrasi’ dan ‘program pendidikan’ memiliki peran strategis. Pertama, PIPS merupakan sebuah “advance knowledge”, hasil rekayasa sinergistis yang bersifat inter-, cros- dan trans-disipliner yang mampu memberikan kerangka berpikir, rujukan, dan justifikasi akademik dalam memecahkan masalah atau menemukan teori-generalisasi baru untuk kemaslahatan dan peningkatan kualitas hidup manusia dalam arti luas. Kedua, PIPS memiliki empat tradisi akademik yang secara sinergis mampu membentuk dan mengembangkan empat karakter kebangsaan manusia Indonesia secara sinergis, yakni transmisif, akademis, kritis-reflektif dan transformatif. Ketiga, PIPS bisa mewahanai pemikiran filosofis ‘rekonstruksionis’ yang dibangun dari tiga tradisi pemikiran filosofis, yakni perrenial, esensial, dan progresif; berorientasi pada nilai; dan merupakan pemikiran filsafat pada periode krisis. Makalah ini mengkaji ketiga peran paradigmatik PIPS tersebut dalam konteks reformasi pendidikan sebagai akselerator revolusi mental.
Kata Kunci : Paradigma, Pendidikan IPS, pendidikan nasional, akselerator, revolusi mental.
Link Web : https://mfarisiblog.files.wordpress.com/2014/11/farisi-makalahrev.pdf