Penulis : Mohammad Imam Farisi
Judul : Konstruksi Komunitas Kewarganegaraan dalam Buku Teks Pendidikan IPS-SD
Jurnal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (JPGSD)

November 2014,  Vol. 07, No. 04, hal. 266-289

Penerbit : PGSD FIP Unesa
ISSN : 1411-3805
Abstrak : Komunitas-kewarganegaraan adalah paradigma baru Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebagai pendidikan demokrasi. Sebuah paradigma yang mencitakan individu yang mengerti makna kehadirannya sebagai bagian dari komunitas dan memberikan makna kultural terhadap cita-cita kewarganegaraan sesuai dengan status legalnya sebagai warga negara. Studi ini mengkaji individu, komunitas, dan negara sebagai unsur-unsur komunitas-kewarganegaraan sebagaimana dikonstruksi di dalam buku-buku teks IPS-SD kelas I-VI secara kualitatif-interpretatif menggunakan analisis konten Holsti dan fenomenologi-hermeneutik Ricoeur. Hasil analisis menunjukkan bahwa status dan peran individu, komunitas, dan negara secara pedagogis dikonstruksi berdasarkan ideologi “tertib sosial” dan “tipe ideal”. Penggunaan simbol, semboyan, pesan, tujuan, dan cita-cita bersama, serta penghadiran sejarah sebagai justifikasi-ideologis, melahirkan sebuah konstruksi komunitas-kewarganegaraan sebagai “imagined community”. Masalah-masalah demokrasi seperti konflik, isu-isu kontemporer, kontroversial, dan problem krusial di “wilayah tabu” sebagai realitas sosial sama sekali tidak diungkap karena dianggap dapat mengganggu tertib sosial dan tipe ideal yang dicitrakan. Buku-buku teks IPS akhirnya hanya menjadi bagian dari proses penciptaan “budaya bisu, non-partisipatif” dengan kontrol ketat dari negara, dan belum menjadi wahana pedagogis bagi proses transformasi masyarakat demokratis
Kata Kunci : konstruksi pedagogis, komunitas-kewarganegaraan, buku teks, ilmu pengetahuan sosial
Link Web : https://mfarisiblog.files.wordpress.com/2014/10/38-community_civics.pdf

88x31

Attribution-NonCommercial-ShareAlike
CC BY-NC-SA

You are free:

  • to Share — to copy, distribute and transmit the work
  • to Remix — to adapt the work