Penulis : Mohammad Imam Farisi
Judul : Pengembangan Desain Tutorial Online Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Model Siklus Belajar Di Universitas Terbuka
Jurnal : Lembaran Ilmu Kependidikan (LIK)Vol. 42, No. 2, September 2013, hal. 116-128
Penerbit : Universitas Negeri Semarang (Unnes)
ISSN : 0216-0847
Abstrak : Penelitian bertujuan untuk mengembangkan desain tutorial online (tuton) PIPS model siklus belajar (MBS). Penelitian dilakukan di portal UT-Online menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Subjek penelitian adalah 21 mahasiswa peserta tuton dari 16 Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) di Indonesia. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi dan validasi, serta dianalisis dengan teknik analisis deskriptif-persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain tuton model MBS secara ‘kuantitatif’ kurang efektif meningkatkan aktivitas/partisipasi mahasiswa dalam forum inisiasi, diskusi, tanya jawab, dan penyelesaian tugas-tugas tutorial. Namun secara ‘kualitatif’, kualitas diskusi dan tanya jawab ‘cukup baik’ dilihat dari interaksi yang terjadi antar-partisipan, dan konten diskusikan/tanya jawab. Ketepatan waktu penyelesaian tugas-tugas tuton, perolehan nilai tugas, dan tingkat penguasaan mahasiswa atas kompetensi PIPS juga ’baik’. Rendahnya tingkat partisipasi mahasiswa di dalam tuton disebabkan oleh faktor keterbatasan waktu akses, yang menyebabkan jumlah mahasiswa akses, frekwensi, durasi, dan waktu akses sangat terbatas; dan faktor teknis, terkait dengan kendala dan keterbatasan biaya, fasilitas, dan jaringan akses.
Kata Kunci : pengembangan, model siklus belajar, tutorial online, pendidikan ilmu pengetahuan sosial, universitas terbuka
Link Web : http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK/article/view/2921/2948 

88x31

Attribution-NonCommercial-ShareAlike
CC BY-NC-SA

You are free:

  • to Share — to copy, distribute and transmit the work
  • to Remix — to adapt the work