Penulis : Mohammad Imam Farisi
Judul : Reformasi Paradigma Pendidikan Nasional Menghadapi Krisis Kebangsaan
Nama Kegiatan : Seminar Pendidikan “Idealisme Pendidikan di Tengah Gejolak Paradigma dan pragmatisme Bangsa”
Penyelenggara Himpunan Mahasiswa Jurusan Tarbiyah (HMJ-T) STAIN Pamekasan
Tempat dan tanggal : STAIN Pamekasan, 14 April 2014
Penerbit
ISBN :
Abstrak : Pendidikan bukanlah sebuah ikhtiar ”bebas nilai” (free value) atau ”di ruang hampa” (vacuum space). Ia senantiasa “sarat nilai” (value load) dan bergulat di dalam konteks dan dinamika sosial, politik, ekonomi, dll. Karenanya, paradigma pendidikan suatu negara-bangsa bersifat dinamis dan selalu melahirkan polemik ‘pro-kontra’. Namun demikian, justru di dalam situasi yang dinamis, bahkan sering “anomali” inilah munculnya sikap dan tindakan pragmatis tak dapat dihindarkan, dan menjadi masalah dan tantangan terbesar yang dihadapi dunia pendidikan nasional dewasa ini. ”Pragmatisme” atau “pragmatik” kerap dituduh sebagai penyebab banyaknya sikap dan perilaku ‘anomali’ dalam kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia, termasuk dalam pendidikan, yang oleh sejumlah pakar telah mengarah pada terjadinya ‘krisis kebangsaan’.Makalah ini mendiskusikan ”pragmatisme” sebagai aliran filsafat, dan “pragmatis” sebagai sikap dan perilaku yang mencerminkan ‘sebagian’ potret kehidupan bangsa Indonesia belakangan ini. Tampaknya, sudah menjadi keniscayaan sosio-historis, bahwa dalam situasi ‘anomali akumulatif’ dan ‘krisis’, pendidikan kerap dijadikan sebagai “socio-cultural instrument” sebagai solusinya. Makalah ini menawarkan “rekonstruksionisme” atau “a restructured philosophy of education” sebagai paradigma reformasi pendidikan nasional di saat krisis; dan mengkaji signifikansinya dalam kontek pendidikan karakter di Indonesia.
Kata Kunci : Reformasi, paradigma, pendidikan nasional, krisis kebangsaan
Link Web : https://mfarisiblog.files.wordpress.com/2014/04/makalah-stain.pdf

88x31

Attribution-NonCommercial-ShareAlike
CC BY-NC-SA

You are free:

  • to Share — to copy, distribute and transmit the work
  • to Remix — to adapt the work