Penulis : Mohammad Imam Farisi
Judul : Integrasi Teknologi-Internet dalam Pembelajaran IPS: Inovasi untuk Pengembangan Keterampilan IPS Abad 21 (hal. 476—492)
Nama Kegiatan : Temu Ilmiah Nasional Guru V (TING V)
Penyelenggara FKIP-UT
Tempat dan tanggal : Jakarta, 23 Nopember 2013
Penerbit Universitas Terbuka
ISBN :
Abstrak :

Dua fenomena penting akan menandai kelahiran generasi bangsa 2045, yaitu kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, dan keterbukaan dalam pemanfaatannya. Menghadapi fenomena tersebut pembelajaran IPS perlu diinovasi berdasarkan paradigma pembelajaran abad 21 yang dicirikan oleh prinsip-prinsip keterbukaan informasi, komputasi, otomasi, dan komunikasi; serta berorientasi pada pengembangan keterampilan abad 21. Integrasi teknologi-Internet ke dalam pembelajaran IPS merupakan salah satu bentuk inovasi di era global-digital, dan sangat mendukung visi IPS, yaitu bermakna, powerful, berbasis nilai, menantang, dan aktif. Integrasi teknologi-Internet ke dalam dalam pembelajaran IPS juga sangat mendukung pengembangan tiga keterampilan inti abad 21, yakni keterampilan belajar dan inovasi; keterampilan informasi, media dan teknologi; dan keterampilan hidup dan karir. Makalah ini mengkaji dan mendeskripsikan dasar-dasar teoretik dan empirik, evolusi dan penegasan posisi akademik komunitas IPS tentang integrasi teknologi-Internet dalam pembelajaran IPS; hasil-hasil studi empirik integrasi teknologi-Internet di dalam pembelajaran IPS dalam pengembangan keterampilan abad 21; kendala dan keterbatasan dalam implementasinya; serta implikasinya terhadap kompetensi guru dan desain pendidikan guru.

Kata Kunci : integrasi, teknologi-internet, pembelajaran IPS, inovasi, keterampilan IPS abad 21
Link Web :  https://mfarisiblog.files.wordpress.com/2013/11/ting-va.pdf

88x31

 

Attribution-NonCommercial-ShareAlike
CC BY-NC-SA

You are free:

  • to Share — to copy, distribute and transmit the work
  • to Remix — to adapt the work