Penulis : Mohammad Imam Farisi
Judul : Pendidikan IPS sebagai Disiplin Ilmu Terintegrasi Berparadigma Plural
Jurnal : Wiramartas: Jurnal Ilmu Sosial dan PendidikanSeptember 2013. Vol. 15(1), hal. 1-17
Penerbit : FKIP Universitas Lambung Mangkurat
ISSN : 1858-3008
Abstrak : Secara konseptual, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS) digunakan dalam tiga pengertian, yaitu sebagai disiplin ilmu terintegrasi atau bidang kajian/penelitian terkait dengan pendidikan kewarganegaraan; program pendidikan terintegrasi; dan ‘label resmi’ mata pelajaran pada jenjang persekolahan dan universitas di berbagai negara di dunia. Tulisan ini mengkaji evolusi pemikiran PIPS sebagai disiplin ilmu terintegrasi, dan dasar-dasar epistemologisnya dalam rangkaian “kontestasi dan konsensus” di antara para ahli. Paradigma-paradigma di dalam PIPS ditinjau dari aspek tujuan, metode, dan isi pendidikan, beserta eksemplar dari masing-masing paradigma, serta bagaimana kontribusinya terhadap keutuhan PIPS sebagai pendidikan kewarganegaraan.
Kata Kunci : pendidikan IPS, disiplin ilmu terintegrasi, pradigma plural
Link Web : https://mfarisiblog.files.wordpress.com/2013/10/wiramartas-disiplin-pips.pdf

88x31

Attribution-NonCommercial-ShareAlike
CC BY-NC-SA

You are free:

  • to Share — to copy, distribute and transmit the work
  • to Remix — to adapt the work