Penulis : Mohammad Imam Farisi
Judul : Dinamika Organisasi Profesional Kependidikan di Indonesia
Jurnal : Lembar Ilmu Kependidikan (LIK). April 2013, hal. 36-45
Penerbit : Universitas Negeri Semarang (Unnes)
ISSN : 0216-0847
Abstrak : Penelitian bertujuan mengkaji dan mendeskripsikan dinamika organisasi kependidikan di Indonesia. Studi dilakukan pada situs-situs resmi organisasi profesi kependidikan menggunakan analisis konten atau teks web difokuskan pada sejarah perkembangan; pelaksanaan peran, fungsi, tugas dan kewenangan organisasi, serta kendala atau masalah yang dihadapi. Studi menunjukkan bahwa ada lebih dari 100 organisasi profesi pendidikan di Indonesia berbentuk asosiasi, federasi, forum, komunitas/masyarakat, serikat, klub, koalisi, aliansi, dan/atau lembaga. Dinamika organisasi dipengaruhi oleh faktor-faktor akademikprofesional, yuridisformal, serta konteks sosial-politik organisasi. Secara umum, organisasi profesi pendidikan di Indonesia masih fokus pada fungsi pengembangan profesional. Sementara, fungsi advokasi hanya dilakukan oleh beberapa organisasi profesional; dan fungsi regulasi (standarisasi, akreditasi, sertifikasi, dan lisensi) masih dikoordinasikan dan dikendalikan oleh lembaga yang ditetapkan oleh Departemen Pendidikan Nasional dan / atau LPTK. Masalah yang dihadapi oleh organisasi terkait dengan pelaksanaan fungsi dan kewenangan organisasi di bidang regulasi.
Kata Kunci : dinamika, organisasi profesional, kependidikan, Indonesia
Link Web : http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK/article/view/2704/2769

88x31

You are free:

  • to Share — to copy, distribute and transmit the work
  • to Remix — to adapt the work