Penulis : Mohammad Imam Farisi
Judul : Struktur Kompetensi Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah dasar dan Pengorganisasian Pengalaman Belajar
Jurnal : Interaksi: Jurnal Kependidikan. (Juni 2007). 3(3), hal. 1-24.
Penerbit : FKIP Universitas Madura Pamekasan
ISSN : 1412-2952
Abstrak : Setiap matapelajaran memiliki struktur kompetensi yang berbeda, bergantung pada dasar pengembangannya. Kompetensi IPS-SD dikembangkan atas dasar pemikiran bahwa IPS-SD merupakan pendidikan sosial dan pendidikan intelektual-keilmuan. Secara struktural, kompetensi IPS-SD mencakup tiga dimensi pengembangan, yakni kompetensi personal, kompetensi sosio-kultural, dan kompetensi intelektual-keilmuan. Ketiga struktur dasar kompetensi IPS-SD dapat diraih apabila pengalaman belajar diorganisasi dalam sekuensi pembelajaran yang sistemik dan sistematis, serta mengacu pada model-model pembelajaran.
Kata Kunci : kompetensi; pengalaman belajar; struktur
Link Web : https://mfarisiblog.files.wordpress.com/2013/05/12-org-peng-belajar.pdf