Penulis : Mohammad Imam Farisi
Judul : Pengembangan Asesmen Diri Siswa (Student Self-Assessment) sebagai Model Penilaian dan Pengembangan Karakter (hal. 68-77).
Nama Kegiatan : Konferensi Ilmiah Nasional “Asesmen dan Pembangunan Karakter Bangsa”
Penyelenggara HEPI – Unesa
Tempat dan tanggal : Surabaya, 14-15 Desember 2012
Penerbit Unesa University Press.
ISBN : 978-979-028-526-2
Abstrak : Makalah mereviu hasil-hasil penelitian tentang pengembangan model asesmen diri siswa (ADS); efektivitas ADS dalam pengembangan karakter siswa, dan faktor-faktor pendukungnya; serta respon guru dan siswa terhadap model ADS dalam mengembangkan karakter siswa. Hasil kajian menunjukkan bahwa asesmen model ADS efektif, valid, reliabel, dan meaningful sebagai instrumen asesmen dan pengembangan karakter di berbagai konteks pendidikan. Model ADS juga mengandung ‘bias subjektivitas’ yang dapat diminimalisasi melalui intensifikasi latihan-praktik, pemberian pemahaman luas atas kriteria; internalisasi tujuan; kejelasan kriteria; dan kesungguhan siswa.
Kata Kunci : asesmen-diri siswa, model asesmen, pengembangan karakter
Link Web : https://mfarisiblog.files.wordpress.com/2013/05/18-kin-unesa.pdf88x31

You are free:

  • to Share — to copy, distribute and transmit the work
  • to Remix — to adapt the work