Penulis : Mohammad Imam Farisi
Judul : Penataan Lingkungan Kelas Pembelajaran di Sekolah Dasar: Kajian Kontekstual dan Konseptual dari Perspektif Konstruktivisme
Jurnal : Didaktika: Jurnal Kependidikan Dasar. (Maret 2006). 1(1), hal. 25-42.
Penerbit : UPBJJ-UT Surabaya
ISSN : 1907-2589
Abstrak : Penelitian ini bertujuan menemukan dan merekonstruksi dasar-dasar pemikiran tentang lingkungan kelas pembelajaran di SD berdasarkan perspektif konstruktivisme. Penelitian melibatkan subyek siswa, guru, dan pakar SD. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, pengamatan berpartisipasi, dan analisis konten, kemudian diolah dan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan kelas pembelajaran di SD perlu ditata sebagai konteks psikologis dan sosiokultural bagi siswa untuk melakukan dialog, interaksi, dan negosiasi makna-makna subyektif dan intersubyektif, melalui mediasi dan fasilitasi guru, aktivitas pembelajaran, bahan dan media pembelajaran.
Kata Kunci : rekonstruksi; konstruktivisme; konteks psikologis; lingkungan kelas pembelajaran; sosial dan kultural
Link Web : https://mfarisiblog.files.wordpress.com/2013/05/09-lingk-pembelajaran.pdf